LANGKAH-LANGKAH MENJADI FREELANCER

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SAAT MEMULAI MENJADI FREELANCER

LogoKecilSaat saya memutuskan pilihan untuk bekerja sebagai freelancer, maka segera saya susun langkah-langkah yang perlu saya lakukan menurut saya…

  1. Siapkan peralatan / infrastruktur seperti laptop atau desktop dengan koneksinya atau survey warnet yang murah dan dekat rumah dengan koneksi yang bagus.
  2. Browsing segala sesuatu tentang freelancer di internet, cari referensi yang bagus dan valid.
  3. Pelajari mulai cara pendaftaran, cara mendapatkan job sampai cara pencairan pembayaran
  4. Mulai mendaftar kemudian ikut penawaran pekerjaan yang sesuai bidang kita. “Cari yang sederhana dulu untuk meningkatkan reputasi”, gitu katanya para master freelancer.
  5. Analisa daftar pekerjaan yang ditawarkan, cari yang paling popular kalau kita belum menguasai hal tersebut segera cari referensi di internet, pelajari sampai mengerti kalau sudah paham bisa mulai mencoba menawar pekerjaan tersebut tapi ingat “ Mulai dari yang sederhana dulu “
  6. Biarpun kita sudah memilih pekerjaan sebagai freelancer tapi kita tetap harus mendisiplinkan diri. Mulai buat schedule berapa jam harus di depan computer, belajar hal baru dll, walaupun bisa fleksible tapi tetap harus konsisten karena hal ini pasti akan berpengaruh terhadap cara kerja kita sebagai freelancer
  7. Pantang menyerah alias tidak mudah putus asa. Mari kita gunakan semboyan para pejuang dulu “ Mati satu tumbuh seribu” jadi kalau anda ikut bid dan gagal ulangi terus sampai berhasil.
  8. Dan yang tidak kalah penting belajar bahasa Inggris, biarpun ada google translate tapi akan lebih baik kalau anda mulai memperdalam kemampuan bahasa Inggris. Tidak hanya level basic seperti saya..he..he..he..
  9. Jangan lupa berdoa, karena ada pepatah “Manusia berusaha dan Allah yang menentukan” jadi mari kita berusaha sekuat tenaga dengan berbagai cara dan Allah yang akan menentukan yang terbaik buat kita.
  10. Selamat mecoba

Buat anda yang belum memulai dan tertarik untuk mencoba silahkan bergabung di sini

 

Freelance Jobs

Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *